Resiko Bahaya Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Penyakit Miom

bahaya penyakit miom
bahaya penyakit miom

Kehamilan serta memiliki anak adalah merupakan salah satu harapan dan tujuan dari sebuah keluarga, namun tentunya bagi calon seseorang ibu tidak dapat hamil dikarenakan adanya gangguan miom di dalam rahimnya sehingga dapat mempersulit pembuahan (sperma tidak dapat menjangkau sel telur dikarenakan terhalang oleh miom).

Begitu juga apabila seorang calon ibu yang sedang dalam masa kehamilan dan juga memiliki penyakit miom didalam tubuhnya maka kemungkinan besar akan membahayakan dari kelangsungan hidup janin di dalam kandungan, hal ini bisa diakibatkan oleh miom yang menutupi dan mengambil alih jalur distribusi makanan sehingga janin lama kelamaan pertumbuhannya menjadi terganggu bahkan yang fatalnya lagi bisa menimbulkan kematian pada janin, akibat dari kekurangan asupan makanan dan oksigen.

Penyakit Miom, Mengetahui Cara Pencegahan dan Pengobatan Yang Tepat
Penyakit miom yang banyak diderita masyarakat indonesia ini khususnya kaum wanita, ini termasuk dalam fibroid atau juga yang dikenal juga dengan kategori tumor jinak yang biasanya berkembang di bagian rahim, mengapa demikian? Dikarenakan penyakit miom ini terbentuk dari sel-sel yang menjadi pembentuk otot otot yang terdapat pada dinding rahim (leiomioma).
Penyakit miom ini dapat dikatakan wajar apabila anda mengalami hal ini, bisa jadi hal ini dikarenakan anda memiliki hormon yang cukup subur di usia produktif, menurut study yang dilakukan menunjukan bahwa sebanyak 20% wanita di masa subur mengalami hal ini yakni penyakit miom.
Miom ini seringkali terdapat didalam rahim khususnya dinding rahim, meskipun miom ini termasuk ke dalam jenis tumor jinak apabila didiamkan dan tidak dilakukan pengobatan akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh penderitanya sehingga miom ini akan membesar dan secara langsung menekan organ tubuh seperti usus serta saluran kemih dan organ sekitarnya. Ukuran dari miom sendiri mulai dari sebesar kacang kedelai hingga bisa membesar sampai dengan sebesar bola. Tak jarang juga jika penyakit miom yang sudah membesar juga bisa mempengaruhi jalannya proses kelahiran dikarenakan jalan keluar janin menjadi terhalang dengan adanya miom yang besar hingga jalan satu-satunya harus menjalani operasi caesar.

Gejala yang sering dirasakan oleh penderita miom biasanya seperti :
1. Darah menstruasi yang keluarnya abnormal terlalu banyak ataupun bisa juga jterlalu sedikit.
2. Pembengkakan pada bagian perut yang semakin membesar akibat miom yang bertambah ukurannya.
3. Tekanan yang dihasilkan oleh miom ke saluran kemih membuat penderitanya serig merasakan nyeri saat berkemih.
4. Berkemih atau buang air kecil terlalu sering.
5. Miom menekan bagian panggul.
6. Ketika berhubungan suami istri merasakan nyeri dan sakit.

Baca juga info menarik seputar Obat miom herbal.

Penyakit miom ini bisa berupa kumpulan kecil-kecil /besar dan banyak atau juga bisa berupa satu gumpalan kecil namun besar. Memang apabila miom ini masih berukuran kecil seringkali tidak dapat dirasakan ada atau tidaknya miom didalam tubuh anda, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan rutin untuk memeriksakan keadaan kondisi kesehatan anda sehingga tidak terlambat penanganan dan perawatannya.

sumber : wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *